Selamat Datang

... di situs resmi Kongregasi Bruder St. Aloysius

Sabtu, 16 Oktober 2021

MENIMBA SUMBER AIR KEHIDUPAN

 

MENIMBA SUMBER AIR KEHIDUPAN

(Br. Fidelis, CSA)

 

 

Hidup yang berarti adalah hidup yang memberi manfaat bagi orang lain.

Jadilah seperti air, menjadikan biji benih yang mati, bertumbuh tunas.”


        Pada tanggal 22 Maret 2021 pukul 06.00 WIB, saya berangkat dari stasiun Madiun menuju stasiun Pasar Senen untuk menjalani tugas perutusan baru yang diberikan kepada saya  oleh kongregasi yakni menimbah pengalaman di Civita Youth Camp. Pengalaman pertama tetapi menyenangkan karena adanya suasana kekeluargaan dan penuh cinta kasih yang saya rasakan selama berproses di Civita Youth Camp selama 6 bulan 15 hari. Pengalaman-pengalaman yang saya dapat selama berproses di Civita membentuk saya untuk menjadi seorang pendamping kaum muda dengan pola atau konsep yang dimiliki oleh Civita. Tahap awal dalam proses ini adalah saya dilibatkan untuk ikut bagaimana memberikan rekoleksi dan LKTD untuk kaum muda dalam situasi pandemi melalui zoom. Tahap selanjutnya saya didampingi bagaimana caranya memuat materi untuk memimpin rekoleksi. Sangat menarik bagi saya pada bagian ini karna saya dilatih untuk membuat materi sesuai dengan kebutuhan konsumen atau yang akan menjadi sasaran rekoleksi itu diberikan dengan melihat situasi zaman. Materi- materi yang disajikan kepada para peserta rekoleksi berupa penampilan power point dan game. Meskipun dua hal ini kelihatan sangat sederhana tetapi dapat memberikan dampak yang positif dalam pemberian materi yang akan dibawakan apalagi kegiatan yang dilakukan menggunakan Zoom. Power point dan game akan membuat para peserta menjadi rileks dan mencairkan suasana.

    Kehadiran saya di Civita diterima dengan suasana kekeluargaan, bukan saja dengan staf tetapi dengan karyawan dan karyawati sehingga suasana ini membantu saya untuk cepat menyesuaikan diri dan merasa seperti rumah sendiri, komunitasku. Situasi pandemi membawa dampak pada pelayanan retret dan rekoleksi di Civita Youth Camp dimana yang dulunya diadakan banyak kegiatan dengan peserta yang banyak, sekarang menjadi sedikit sehingga muncul peluang bisnis baru yang dilakukan di Civita yakni terciptanya karya industri rumah tangga yang baru dengan membuat jajanan seperti stick keju, biji ketapang, kripik bawang, telur asin dan ada juga minuman yang sebelumnya sudah diproduksi yaitu Seruni. Saya merasa senang bisa ikut terlibat dalam proses pekerjaan pengolahan dan pembuatan aneka macam jajanan ini. Pandemi tidak membuat kami berdiam diri tetapi kami punya cara yang lain untuk melayani.  Sistem pemasaran dilakukan memalui media sosial, para kenalan dan jumlah pemesanan yang kami terima sangat banyak. Dalam rutinitas ini kami juga tetap melayani permintaan peserta yang akan retret dan rekoleksi secara online. Pengalaman yang sungguh luar biasa dan bermanfaat bagi saya.

            Berproses di Civita tidak hanya membentuk saya menjadi pendamping kaum muda tetapi semakin mengokohkan panggilan saya sebagai seorang bruder CSA dimana saya banyak belajar dari seluruh anggota komunitas Civita yang terdiri dari beberapa tarekat diantaranya SJ, CB, OSC, OCD dan SVD. Pengalaman hidup bersama dengan mereka meberikan dampak positif bagi saya untuk melangkah maju mengikrarkan kaul kekal. Terima kasih Civita, banyak pengalaman berharga yang saya dapat untuk menjadi bekal bagi saya menjadi pendamping kaum muda. Semoga kehadiran saya bagi kaum muda membantu mereka untuk berkembang menjadi pribadi yang utuh dan penyalur berkat bagi orang lain dengan apa yang mereka miliki. Tidak ada yang bisa saya berikan kepadamu (Civita) hanyalah doa agar engkau tetap menjadi tempat yang mengispirasi kaum muda.

 







Terima kasih Komunitas Civita.

5 komentar:

  1. Mantap bro Fidelis. Semoga bisa dikembangkan disaat Anda dipercaya Utk memberi Retret dan rekoleksi semua kalangan tdk hanya kaum muda. Terima kasih pula utk Br. Sebastian yg sdh mengapload pengalaman Br. Fidelis tersebut. Salam PKD

    BalasHapus
  2. Bagus tumbuh dan berkembang dan memancarkan wajah Allah untuk kaum muda

    BalasHapus
  3. Mantap Der. Semoga bermanfaat bagi pendampingan kaum muda kedepannya.

    BalasHapus