Selamat Datang

... di situs resmi Kongregasi Bruder St. Aloysius

Kamis, 18 Juli 2013

Komunitas Kalasan

Komunitas Postulat didirikan tahun 1997 di Dusun Sidokerto,Purwomartani, Kalasan, Sleman. Para calon bruder selama 1 tahun tinggal di komunitas ini dengan aktifitas belajar, berdoa dan latihan hidup bersama. Para postulan selain dididik di intern komunitas oleh pendamping postulat, mereka juga mengikuti kursus bina awal selama 2 semester bersama para postulan dari tarekat lain di Jogya dan sekitarnya. Pelajaran Kitab Suci, Liturgi, Psikologi, Sejarah Gereja, dan Hidup Membiara adalah sebagian dari materi kursus gabungan tersebut.
Selain belajar dan berdoa, para postulan juga dilatih untuk hidup karya dan mengolah hidup masa lalu.
Maka di komunitas ini tersedia banyak lahan latihan karya, seperti: pertanian (berkebun), beternak unggas dan sapi, pemanfaatan biogas, pembuatan pupuk kompos organik, dan ketrampilan membuat pot bunga. Semua disediakan sebagai media pembelajaran bagi para calon bruder ini.
Para bruder dan para postulan sebisa mungkin terlibat dalam pelbagai kegiatan gerejani baik di lingkungan, wilayah, maupun paroki. Hal ini juga sekaligus sebagai media latihan kerasulan bagi para calon dan menumbuhkan kecintaannya pada Gereja Katolik.
Postulat CSA berada di wilayah Kalasan tengah dengan gerejanya di Dusun Temanggal dan masuk dalam teritorial Paroki Marganingsih Kalasan. Postulat CSA juga bertetangga dekat dengan komunitas studi para suster SPC di lingkungan Kadirojo, Purwomartani.
Anggota komunitas Postulat tahun 2013-2014 yaitu Br.Petrus (Pimpinan Komunitas, pendamping postulan), Br. Silvinus, Br. Edu dan para Postulan berjumlah empat orang.

0 komentar:

Posting Komentar