Selamat Datang

... di situs resmi Kongregasi Bruder St. Aloysius

Rabu, 17 Juli 2013

Komunitas Madiun



Tanggal 16 Juli 1934, untuk pertama kalinya para bruder CSA yang semuanya berasal dari Belanda menjejakkan kaki di Madiun. Itulah awal kisah karya perutusan CSA di kota brem ini. Komunitas CSA Madiuan beralamat di Jl. A. Yani 6 Madiun, Jawa Timur. Karya awal para bruder di Madiun adalah mendirikan sekolah tingkat dasar baik untuk anak-anak Eropa (ELS) maupun pribumi (HIS) dan sekolah menengah (SMP) untuk siswa pribumi. Kemudian pasca kemerdekaan RI, Para bruder merintis Sekolah Pendidikan Guru (SPG) lengkap dengan asrama putra. Sedangkan asrama putri ditangani Suster Ursulin. Komunitas Madiun juga pernah menjadi rumah formasio bagi para calon bruder CSA
(novisiat CSA tahun 1957 – 1967) sebelumnya akhirnya dipindahkan ke Kotabaru-Yogyakarta tahun 1968.
Seiring dengan ditutupnya SPG di seluruh nusantara oleh pemerintah RI tahun 1991, karya asrama kemudian diperuntukkan oleh para siswa yang besekolah di kota Madiun, baik di SMP, SMA, maupun SMK. Karena dirasa perlu, tanggal 14 Juli 1998 dirintislah sebuah Panti Asuhan Putra yang menampung anak-anak dan remaja yatim, piatu, yatim piatu, maupun anak-anak dari keluarga kurang mampu secara ekonomi. Karya ini sekaligus menggantikan karya asrama yang kurang diminati lagi oleh kalangan muda di sekitar Madiun. Saat ini karya komunitas CSA Madiun adalah TK, SD, SMP St. Yusuf di Jl. Diponegoro 80, dan Panti Asuhan Putra St. Aloisius di Jl. A. Yani 8, Madiun.
Anggota komunitas CSA Madiun (2013-2014) yaitu : Br. Yakobus, Br. Mathias, Br. Mikael, Br. Andreas , Br. Aleks, Br. Bertus, Br. Dedi, Br. Neri, Br. Vincent.


2 komentar:

  1. Bruder saya salah satu alumni asrama putra madiun, selamat berkarya

    BalasHapus
  2. Selamat pagi. Terima kasih telah berkunjung di web CSA. Semoga sukses selalu. Salam

    BalasHapus