Selamat Datang

... di situs resmi Kongregasi Bruder St. Aloysius

Kamis, 18 Juli 2013

Komunitas Mbay

Ada yang istimewa dengan Komunitas CSA Mbay. Istimewanya karena merupakan  komunitas perdana setelah CSA Indonesia berstatus mandiri (25 November 1999), terpisah dari biara induk CSA di Oudenbosch Belanda. Cikal bakal lahirnya komunitas CSA Mbay berawal dari dibangunnya asrama untuk usia SMP dan SMA yang bersekolah di SMP Hanura maupun SMA K Baleriwu, seiring dengan dibukanya kabupaten baru hasil dari pemekaran daerah. Tahun 2000 Asrama St. Aloisius diresmikan, untuk sementara para bruder tinggal bersama anak-anak di asrama sembari menunggu selesainya proses pembangunan biara bruderan. Tanggal 1 November 2003, biara diresmikan dan para bruder bisa menempati komunitas baru.

Karya utama dari komunitas ini adalah asrama. Seiring dengan semangat kemandirian yang menjadi gerakan bersama, munculah karya baru
berupa unit produksi bengkel kayu dan pertanian. Ada juga bruder yang mengajar di SMA K Baleriwu. Sebagai ibu kota kabupaten yang baru, Mbay punya potensi besar untuk menjadi daerah maju di daratan Flores karena sumber daya alam yang relatif melimpah. Maka para bruderpun dituntut untuk jitu dalam membaca tanda-tanda jaman di tingkat lokal untuk pengembangan karya dan pelayanannya.
Komunitas CSA Mbay secara gerejani termasuk wilayah teritorial Paroki Stela Maris Danga yang saat ini mempunyai gereja baru yakni gereja centrum, di mana para bruder dan anak asrama setiap hari (kecuali ada misa komunitas) merayakan Ekaristi bersama umat Allah yang lain.
Anggota komunitas CSA Mbay saat ini (2013-2014): Br. Gregorius, Br. Ansel, Br. Inosensius, dan Br. Albert.


0 komentar:

Posting Komentar