Selamat Datang

... di situs resmi Kongregasi Bruder St. Aloysius

Kamis, 18 Juli 2013

Komunitas Kotabaru

Novisiat CSA di Jl. Supadi 15 – 17 Kotabaru, Yogyakarta menjadi tempat pembinaan para calon bruder sejak tahun 1968. Rumah ini sebelumnya adalah sebuah Skolastikat MSF sebelum mereka berpindah ke Jl. Kaliurang. Para novis CSA menjalani masa novisiatnya selama 2 tahun. Tahun pertama disebut masa kanonik, dimana para novis banyak mempelajari hal ketareketan seperti konstitusi, direktorium, pedoman kongregasi, spiritualitas kharisma kongregasi, dan mendalami hidup doa atau hidup rohani, serta menghayati tiga nasehati injili (kaul kebiaraan) dengan disertai refleksi di setiap aktifitasnya. Tahun kedua disebut tahun eksperimen,

dimana sebagian waktu para novis digunakan untuk tinggal di luar novisiat entah dalam bentuk live in, stage, atau eksperimen konstitusi. Tujuannya dalah agar para novis bisa mengimplementasikan apa yang ia pelajari selama tahun sebelumnya dengan tetap membawanya dalam doa dan refleksi pribadi.
Novisiat CSA berada di wilayah teritorial paroki St. Antonius Kotabaru- Yogyakarta. Kendati aktifitas lebih banyak dilakukan di dalam biara, namun bukan berarti para novis tidak terlibat dan berinteraksi dengan umat di lingkungan atau paroki. Aneka kegiatan gerejani, seperti doa lingkungan, latihan koor tetap diikuti dengan penuh sukacita. Selain belajar intern di novisiat, sesekali para novis juga mengikuti kursus gabungan novis (KGN) bersama para novis suster, bruder, dan frater dari tarekat lain.
Pada tahun 2013-2014, komunitas novisiat dihuni oleh Br. Martin, Br. Libert, Br. Bonaventura, bruder novis: Br. Fidelis (Novis thn ke-2) Br. Antonius (Novis thn pertama)




1 komentar:

  1. Semoga selalu setia dan tekun dalam belajar demi masa depan CSA....

    BalasHapus